Fri. Nov 27th, 2020

Anda membutuhkan contoh surat undangan resmi supaya surat undangan yang dibuat sesuai dengan penulisan yang benar. Surat undangan merupakan jenis surat yang mencantumkan ajakan kepada komunitas atau individu untuk menghadiri acara tertentu. Ada dua jenis surat undangan yang beredar, yakni surat undangan resmi dan non resmi.

www.suratresmi.net

Perbedaan keduanya terletak pada keperluan dan struktur yang dimilikinya. Sesuai namanya, surat undangan resmi adalah surat yang ditujukan untuk keperluan formal. Misalnya, instansi ingin mengadakan kepentingan resmi dan kemudian mengajak seseorang dengan bentuk undangan. Sedangkan surat undangan non resmi untuk keperluan non resmi seperti pesta atau sebagainya.

Bagian-Bagian Dari Surat Undangan Resmi

Untuk membuat surat undangan resmi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait komponen surat tersebut. Tujuannya sudah pasti agar penulisannya sesuai dengan surat undangan resmi yang sudah beredar. Berikut komponen penting surat undangan resmi

  1. Kop surat

Bagian ini menjadi identitas perusahaan atau instansi supaya penerima tahu asal usul undangan yang ia terima. Surat indangan resmi pasti memiliki bagian kop surat yang menjadi gambaran instansi tersebut.

  1. Tanggal surat

Bagian ini menjadi acuran relevansi kepenulisan surat undangan kapan dibuat. Bagian ini menjadi salah satu bagian surat undangan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

  1. Pihak dan nama yang dituju

Di contoh surat undangan resmi, bagian berikutnya adalah pihak atau nama yang dituju dari surat undangan tersebut. Pastikan mencantumkan nama yang jelas agar tidak ada salah paham pada pihak penerima.

  1. Isi surat

Isi surat menjadi bagian penting lain dari surat undangan resmi. Di bagian ini, menggambarkan surat yang bertujuan untuk menggambarkan isi surat agar mengajak penerima untuk menghadiri kepentingan tertentu. Bagian yang ditulis bisa berupa tempat dan waktu pelaksanaan.

  1. Agenda atau lampiran

Surat undangan resmi umumnya melampirkan bagian ini untuk memperkuat surat undangan yang dibuat. Agenda memperjelas topik pelaksanaan agar penerima undangan tahu secara umum dari acara tersebut.

  1. Tanda tangan dan stempel

Bagian lainnya adalah tanda tangan atau stempel. Meskipun kurang diperhatikan, tapi bagian ini menjadi bukti kuat dari pihak resmi yang mengadakan kegiatan yang dimaksud.

Bagi yang membutuhkan contoh surat undangan resmi, kami cantumkan contoh-contohnya juga. Surat undangan ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Namun biasanya tetap menggunakan bahasa yang formal agar makin terkesan resmi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *